Friday, July 8, 2016

Ternak Kelinci Potong

Sekarang usaha ternak kelinci semakin ramai dijadikan bisnis, prospek ini sangat terbuka lebar dengan mudahnya kelinci untuk dibudidayakan, apalagi   dalam pemeliharaannya tak terlampau mahal. Tapi buat terjun dibidang bisinis ternak kelinci kamu harus pilih apakah ingin ternak kelinci potong atau pedaging dan mau beternak kelinci hias. Untuk penjelasan saat ini, kita akan mengupas tentang kelinci potong. Nah untuk penjelasan tentang ternak kelinci hias dapat kita ikuti dilain kesempatan.

Cara Ternak Kelinci Pedaging

Ketika kita ingin beternak kelinci potong sebaiknya kita mencari info awal dulu atau mencari ilmu tentang memelihara kelinci-kelinci potong dari berbagai sumber. Hal ini biar kita tak mengalami kerugian dikemudian hari. Makanya kita seharusnya dapat mempelajari dengan peternak kelinci potong yang telah berpengalaman, demikian pula dapat mencari ilmu dengan para ahli peternak kelinci potong, tentu saja kita tidak dapat melupakan untuk mencari di buku, majalah, artikel di internet yang membahas menyangkut ternak kelinci potong.

Pada awal belajar beternak kelinci, mulailah mencoba lebih dulu dalam jumlah skala yang sedikit. Hal ini akan membuat kita sambil belajar dan beradaptasi dengan usaha ini, sehingga jika terjadi kesalahan melaksanakan usaha ternak tersebut kita tidak terlalu mengalami kerugian.

Kandang Ternak Kelinci Pedaging

Sebelum memulai usaha ternak kelinci, persiapan sangat penting dan juga perencanaan. Buat memelihara kelinci potong hendaknya kita menyiapkan kandang yang merupakan ruang tinggal sekalian ruang berteduh kelinci dari hujan dan panasnya matahari. Posisi kandang juga sangat menentukan, sebaiknya ditempat agak lapang maka aroma bekas-bekas makanan kelinci dan kotoran kelinci yang menyebar dibawa angin diseputaran kandang tidak terlalu mengganggu orang disekitarnya. Selalu diperhatikan juga supaya senantiasa selalu keadaan kering, untuk itu menghindari air atau air kencing kelinci di dalam kandang yang sanggup menyebabkan kelembaban dan timbulnya bermacam penyakit yang akan diderita kelinci-kelinci tersebut. Dengan menjaga kebersihan kandang kelinci sebaiknya sering-seringlah  dibersihkan untuk menghindari bahaya penyakit.

Dalam usaha beternak kelinci masalah makanan serta senantiasa selalu diperhatikan, baik pakan dari sayuran, daun hijauan, rumput, wortel, kacang-kacangan dan sebagainya, termasuk jenis makanan yang terbuat dari pelet. Faktor ini amat sangat menentukan pertumbuhan dan berkembangnya kelinci sampai periode panen. Begitu pun dalam sudut kesehatan kelinci. Pengawasan makanan teramat difungsikan diwaktu indukan kelinci dimasa kehamilan, termasuk diwaktu melahirkan dan saat-saat menyusui anak-anaknya.

Perhatian pun bakal ekstra ketat dalam mengawali bisnis ternak kelinci potong dalam mengantispasi jikalau kelinci terserang penyakit, sehingga wajib kita mempersiapkan obat-obatan yang dipakai. Seandainya kelinci terserang suatu penyakit, hendaknya cepat diisolir dengan kelinci lain, biar kelinci yang lain tak tertular penyakit yang sama. Lebih-lebih seperti kita ketahui letak kandang kelinci yang saling berdekatan , pasti saja akan mudah terjadinya penjangkitan diantara kelinci itu.

Dalam berternak kelinci sebaiknya kita memperhatikan, untuk mepersiapkan sikap kita yang selalu sabar dan harus telaten dalam merawat kelinci. Hal ini sangat diperlukan supaya perkembangan kelinci bakal berlangsung dengan baik. Untuk beternak kelinci memang kita harus menyukai atau sekalian menyalurkan hobi, maka disaat kita merawat kelinci baik dalam memberikan makan dan minum kelinci, timbul rasa yang menyenangkan bagi kita sehingga hilanglah rasa capek dan jenuh lantaran kita merasa senang.

Harga Kelinci Pedaging

Sedangkan masalah harga daging kelinci benar-benar tak terlampau mahal sebab dipastikan masih sanggup dijangkau kocek para peminat daging kelinci, pada kenyataanya daging kelinci memang lah masihlah kalah dibanding penggemar daging sapi, ayam maupun daging kambing dan seterusnya. Dalam mengembangkan bisnis ternak daging kelinci ataupun kelinci hias tak terlampau sulit, dikarenakan dapat dilakukan siapapun terlebih ia hobi beternak kelinci, selain dia sukses mendapat duit dari bisnis ternak kelinci, dia juga mampu menyenangi bisinis ini maka tak demikian berat dalam menjalani usaha tersebut.

Bagi kamu yang berminat menjadi peternak kelinci pedaging dibanding kelinci hias, selain dapat menikmati tingkahlaku kelinci yang demikian lucu, bisa pula menyiapkan konsumsi daging kelinci buat dipasarkan. Lebih-lebih bobot tubuh kelinci yang termasuk juga berat dan sifat kelinci yang tidak sulit dibudidayakan dapat memberikan prospek keuntungan jika menjalankan bisinis ternak kelinci potong itu. Buat mengawali sebagai peternak kelinci potong, memang lah mesti tahu jenis-jenis kelinci dan juga harus pandai memilih bibit yang baik.

Untuk lebih jelasnya mengetahui tips usaha ternak kelinci potong, tonton saja viedeo di bawah ini!


Cara Beternak Kelinci Pedaging


Buat mengetahui jenis-jenis kelinci, ada sekian banyak kategori kelinci potong yang kita ketahui antara lain, kelinci American Chinchila kelinci ini dikembangkan terutama buat kelinci potong, kelinci Rex kategori kelinci ini rata-rata diternak di Indonesia sebab sangat sesuai dengan kondisi kita, kelinci Flemish Giant diternakan buat mengkonsumsi bakal dipakai dagingnya dan juga bulunya. Serta kelinci New Zealand White dan lain-lain. Sedangkan untuk di Indonesia biasanya orang beternak kelinci jawa tidak hanya murah dan tidak terlalu sulit kita temukan.
Agar lebih jelas lagi, untuk itu kita mulai penjelasan berkenaan ternak kelinci potong supaya mendapati hasil yang kita harapkan.

Pengerjaan Kandang

Untuk memulai menjalankan bisinis ternak kelinci potong, sebaiknya kamu mempersiapkan dengan cara baik sejak awal memulai bisnis ini. Salah satunya hal yang terpenting yakni persiapan pengerjaan kandang kelinci. Dikarenakan faktor ini demikian mutlak buat kehidupan berkembang biaknya kelinci dan juga dalam menjaga keamanan para kelinci dari musuh-musuh mereka. Untuk ukuran kandang tiada patokan khusus dalam pengerjaan kandang, yang penting kelinci-kelinci itu dapat leluasa buat bergerak untuk bermain di dalam kandang dan juga mereka tak bisa ke luar dari kandang dengan melompat.

Dan yang harus diperhatikan yakni suhu dalam kandang jangan sampai panas, sehingga pilihlah dekat pohon  atau area yang terlindung dari panas pada siang hari. Sedangkan suhu yang diperlukan mesti diantara 15 hingga 25 derajat celcius, maka hawa terasa sejuk bagi kelinci, begitu juga sebaiknya jauh dari keributan maka kelinci tak stres.

Buat menciptakan kandang kelinci potong dimanfaatkan dua tipe kandang bagi pembesaran kelinci dan juga kandang buat induk kelinci. Seperti dijelaskan di atas dalam pelaksanaan kandang dihindari suhu hawa yang panas, dikarenakan kelinci gemar kepada suhu yang sejuk. Di Samping itu dalam pengerjaan kandang kelinci mesti pun diatur ventilasinya, diinginkan siklus hawa bisa terjadi dengan cara baik dan rutin, termasuk juga kandang mesti ditempatkan terhadap posisi di mana kandang mendapat cahaya matahari yang cukup.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit teramat penting dalam menjalankan usaha ternak kelinci potong, terutama dalam pemilihan indukan yang memang pilihan, dengan bibit  indukan pilihan ini tingkat keberhasilan dalam usaha ini akan diraih tepat sasaran kita. Terlebih bibit indukan amat sangat menentukan dalam keturunan kelinci itu terutama kepada anakan kelinci kedepan.

Buat bibit pilihan kita mesti mencermati ciri-ciri dalam memilih bibit yang baik itu.
Disaat membeli bibit pilihan sebaiknya beli di peternak yang usahanya sudah gede, hal ini agar kita dapat mengetahui kita rekor yang baik buat bibit tersebut baik dari usia maupun keturunannya.
Yang harus dihindari bila membeli bibit pilihan jangan di  pedagang, hal ini supaya kita tidak diberi bibit hasil persilangan dan pastinya harganya lebih mahal.

Bibit pilihan yang baik indukan mesti memenuhi syarat berat yang cocok, seperti berat badan kelinci betina mencapai antara 4 hingga 5 kg, dan indukan kelinci jantan berkisar antara 3 hingga 5 kg.
Untuk memilih bibitan mesti mencari indukan yang punyai keturunan yang tidak sedikit anaknya.
Seterusnya pilih bibit indukan yang punya bulu bersih terutama di sekitar kelaminya dan indukan mesti sehat.

Butuh diperhatikan dalam pilihan indukan mesti punggung indukan tak cekung. Ditambah lagi mata yang cerah, pergerakan aktif dan lincah.

Makanan Kelinci

Agar memperoleh mutu daging yang tinggi, pasti saja makanan kelinci mesti dipenuhi standard makanan yang baik dan sehat.  Tidak boleh sembarangan dalam memberi seperti cuma rumput atau daun-daunan hijau saja namun dipakai penambahan vitamin juga konsentrat supaya perkembangan kelinci bakal berkembang secara baik.

Pada umumnya kita sudah mengetahui bahwa kelinci menyenangi makanan hijauan, makanan hijauan seperti sayur hijau, wortel, daun sawi, daun singkong, rumput dan sebagainya. Dapat pula kita kasih daun pepaya, daun jagung dan lain-lain. Buat mengoptimalkan pertumbuhan kelinci, sebaiknya pemberian makanan hijau-hijauan ini dibutuhkan sebanyak-banyaknya. Untuk anak-anak kelinci berumur mencapai 14 hari hendaknya mulai dilatih belajar sendiri makan hijauan tersebut, agar nantinya kira kira umur 40-45 hari mereka telah mampu makan sendiri.

Selain diberi makan sayuran hijau, kita bisa pula memberi kelinci makan kosentrat, dalam pemberian makan kosentrat itu mampu lebih sederhana dalam penyajiannya. Makanan yang praktis konsentrat pun mengandung makanan bernutrisi komplit yang memang lah dipakai kelinci sebagai sektor terpenting untuk menolong peningkatan mutu daging kelinci.

Dalam pemberian makan memang disesuaikan berdasarkan usia kelinci, umumnya kelinci potong memerlukan makanan perhari mencapai 4 hingga 5 persen dari berat badannya. Sesuai umur sampai 4 bulan kelinci memerlukan makanan hijauan 20 persen, kemudian kelinci di atas 4 bln memerlukan makanan jumlahnya 60 persen makanan hijauan. Buat makanan kosentrat difungsikan 40 persen. Untuk memberikan makanan tak boleh dicampur, namun dipisahkan makanan hijauan dan makanan kosentrat. Dalam memisahkan pemberian makanan dapat dipisahkan secara  waktu misalnya makanan pagi dan yang satunya di sore hari.

Masa Kawin Kelinci

Buat proses dalam mengetahui periode kawin kelinci, kita mesti mengetahui kapan waktunya yang sesuai. Tahapan ini kita tak boleh sembarang mengawinkan kelinci. Untuk itu difungsikan perhatian khusus supaya usia perkawinannya benar-benar tiba, jika perkawinan kelinci benar-benar waktunya maka pasti akan membuahkan tidak sedikit anak kelinci. Perkawinan kelinci sanggup dilakukan seputar usia 5 bulan sampai 12 bulan bagi kelinci potong yang kamu ternakan.

Sedangkan proses perkawinan kelinci bakal dilakukan dua sistem, untuk mencoba, sebaiknya dilakukan untuk satu pasang kelinci saja yang dikawinkan, sedangkan kepada sistem ke-2 dilakukan dengan cara grup, maksudnya satu kelinci penjantan bisa melayani 10 ekor kelinci betina. Nah dua sistem perkawinan kelinci potong tersebut  kita yang menentukan, sistem apa yang bakal kita terapkan dalam mengawinkan kelinci kita.

Buat mengetahui periode birahi kelinci indukan bakal terjadi seputar 10-15 hari, jarak antara birahi satu ke  birahi lainnya diperkirakan berjalan hingga 14 hari. Untuk itu kita mesti memperhatikan apakah dalam periode perkawinan itu, proses perkawinan telah berlangsung pas dengan cara normal, kemungkinan proses perkawinan tak berlangsung tidak tersendat, lantaran tiada kecocokkan dari ke-2 indukan kelinci tersebut, maka butuh diawasi ketika berlangsung proses perkawinan keduanya itu.
Butuh kita ketahui periode produktifitas kelinci cuma terjadi satu tahun sampai 3 tahun, sesudah tahun berikutnya kelinci bakal mengalami penurunan produktifitas anak kelinci, nah sebagai peternak kelinci potong mesti segera mencari regenerasi sebagai peganti indukan kelinci pilihan untuk menukar indukan kelinci yang kurang produktif. Sedangkan saat yang cocok dalam waktu-waktu kawin kelinci merupakan saat pagi, sore dan disaat kala tengah malam.

Perawatan Kelinci

Sesudah proses perkawinan sudah dilalui, kemudian dilanjutkan proses yakni periode kehamilan kelinci, periode kehamilan ini sanggup berjalan lebih kurang 28-35 hari. Dan sesudah masuk periode kelahiran, indukan sanggup melahirkan anak kelinci antara 4 sampai 12 ekor. Seandainya kita sanggup menemukan indukan pilihan, indukan kelinci sanggup hamil lima kali dalam tahun kalender, dikarenakan indukan sanggup dikawinkan sesudah anak kelinci berumur 14 hari.

Sedangkan untuk mengetahui ternak kelinci potong yang indukan dapat melahirkan anak kelinci, bisa di lihat dari indukan yang sedang menggosokan dagu ke benda yang ada dalam kandang atau kepada indukan lainnya. Juga dapat diperhatikan ketika indukan kelinci gelisah untuk mencari indukan pejantan dan pada bagian intim indukan betina nampak basah dan berwarna kemerahan.

Seperti kita ketahui periode menyusui anak-anak kelinci lazimnya tatkala dua bulan, tetapi dalam bisinis kita beternak kelinci potong musim menyusui akan dilakukan cuma 15 sampai 20 hari, selanjutnya telah bisa dikasih makan yang selanjutnya anak kelinci dipisahkan ke kandang pembesaran yang telah kita siapkan. Apabila kamu mau menjual anakan kelinci, sebaiknya akan kamu pisah dari induknya, tetapi kalau anakan kelinci bakal dijadikan indukan pengganti, sehingga anak kelinci dibiarkan menyusui sampai dua bulan.

Panen Kelinci

Proses musim panen ternak kelinci potong mampu dilaksanakan apabila berat tubuh kelinci potong telah 2 hingga 3 kg, usianya lebih kurang 3,5 bulan. Tetapi kalau kita menjadikan bibit indukan sehingga akan ditunda sesudah kelinci berusia 10-12 bulan. Harga seekor indukan kelinci potong bukan diukur beratnya, tapi dinilai dari mutu juga indukan kelinci pilihan.

Dalam mengelola bisinis ternak kelinci potong atau kelinci pedaging benar-benar bisa menjanjikan dimasa depan. Apalagi bisnis ini tak mengenal waktu, dan bisa jadi daging kelinci sebagai alternatif dengan meningkatnya harga daging ayam, kambing, sapi dan seterusnya.

Terlebih kalau dikerjakan dengan cara yang profesional, tentu saja akan mendapat keuntungan yang berlipat-lipat. Untuk beternak kelinci potong, memang diperlukan persiapan yang matang, dengan mulai membuat kandang yang sesuai kebutuhan kelinci, mempersiapkan makanan yang bermutu, bibit indukan yang baik, sehat dan memiliki keturunan yang memiliki anak yang tidak sedikit. Sedangkan untuk perawatan yang intensif dalam musim perkawinan kelinci, periode hamil, musim melahirkan dan menyusui, hingga perawatan anakan kelinci sampai mencapai dewasa, termasuk juga diwaktu musim panen.

Pasti saja dengan prospek keperluan daging kelinci yang konsisten meningkat, menciptakan tantangan bagi para peternak kelinci potong untuk memenuhi permintaan pasar. Tidak cuma keunggulan daging kelinci yang tidak sedikit mengandung protein dan kurang kadar kolestrol, pasti saja dapat mendorong para peternak kelinci potong makin menyediakan daging kelinci yang bermutu tinggi.

Pada umumnya kelinci potong memanglah jadi pilihan selain kelinci hias. Lantaran rata rata pebisnis ternak kelinci lebih tergoda untuk beternak kelinci hias, hal ini memang sesuai harapan para peternak kelinci hias buat meraih keuntungan yang sangat besar. Tetapi prinsipnya bisinis itu, apa itu bisinis ternak kelinci hias ataupun bisnis ternak kelinci potong tentu miliki nilai tambah tersendiri.

Bisnis beternak kelinci potong memiliki prospek yang cerah, dikarenakan kepentingan daging merupakan konsumsi daging yang relatif harganya terjangkau. Pasti saja menjadi makanan andalan bagi peminat daging kelinci. Mudah-mudahan bisnis peternak kelinci di negara kita dimasa yang mendatang makin maju.

Begitulah penjelasansan kami berkaitan dengan ternak kelinci potong, mudah-mudahan berguna bagi kamu.