Thursday, July 7, 2016

Usaha Ternak Kelinci

Mungkin kita sempat mempunyai ide untuk menekuni bisnis peternakan kelinci? Hal ini pasti kamu cuma melihat bahwa kelinci yang merupakan binatang yang lucu saja. Itu memang benar seandainya menyaksikan dari kategori hewannya, pada umumnya orang menyenangi kelinci disamping membuat orang menggemaskan, juga dapat dijadikan usaha yang sangat menjanjikan.

Usaha Ternak Kelinci Pedaging


Selain kelinci disenangi untuk diternak, ternyata kelinci dapat diusahakan untuk diambil dagingnya, sebab dagingnya yang empuk dan mempunyai tekstur lembut.

Terbukanya peluang usaha daging kelinci, karena daging kelinci saat ini mulai banyak orang yang meminati. Nah, lantaran tidak sedikit yang mencari dagingnya, mengapa kamu tak melirik budidaya kelici yang merupakan kesempatan usaha? Apalagi  untuk budidaya hewan satu ini tidak butuh lahan yang  begitu luas. Cukup dengan hunian yang mungil sudah cukup syarat dalam mengembangkan usaha ternak kelinci. Bisnis ternak kelinci ini mempunyai kelebihan yang harus kamu ketahui. .

Budidaya Ternak Kelinci


Apa saja kelebihan budidaya kelinci, dibandingkan budidaya hewan ternak yang lain? Berikut ini kamu bakal mendapati sedikit gambaran khusus kenapa mesti melirik bisnis budidaya kelinci.

1. Tak Memerlukan Perawatan khusus

Tidak sama dengan kucing atau anjing, kelinci nyatanya tak memerlukan perawatan khusus. Hal ini ketika memberi makanan dan letak kandang cukup di belakang hunian kamu, secara praktis kelinci kamu juga dapat hidup. Kecuali kamu mau budidaya kelinci hias, benar-benar butuh perawatan yang lain dari lainnya, namun kesempatan bisnis untuk kelinci hias peluangnya juga cukup besar.

2. Pencarian Pakan Yang Mudah

Tidak butuh terlalu sulit dalam mencari pakan buat tenak kelinci kamu. Ketika kamu membeli sayur di pasar sudah dapat memberi makan kelinci kamu. Jikalau tidak ada sayur, kamu dapat memberi rumput saja.

3. Tidak Sedikit Disukai Orang

Jika kamu melihat orang menjual di warung sate kelinci? Tentu saja warung sate kelinci itu ramai diserbu para penikmat daging kelinci. Lantaran ramai pengunjungnya, tentu saja peluangnya untuk laris sangat tinggi. Nah, oleh karena itu, kamu tidak boleh menunda lagi dalam usaha ternak kelinci.

4. Prospek Usaha Yang Menjanjikan

Seandainya cuma satu atau dua kelinci, memang lah keuntungannya belum seberapa. Namun apabila kamu miliki puluhan bahkan ratusan kelinci, silakan kamu hitung sendiri keuntungannya. Dengan modal usaha yang relatif tidak terlalu besar, kamu tentu miliki untung yang cukup besar.
Apakah kamu tertarik untuk menjalankan bisnis kelinci ini, tentu kamu harus mempunyai perencanaan dan persiapan

Silakan kamu cari lahan yang kosong dan mulailah membuat kandangnya.Usaha ternak kelinci teramat menjanjikan untuk waktu ke depan dikarenakan benar-benar perawatannya mudah sekali. Tidak Hanya budidaya kelinci buat dimakan, kamu juga dapat membudidayakan kelinci hias.


Mulailah Beternak Kelinci

Wow! Pada pagi hari ini jadi senang saya menulis tentang usaha ternakkelinci, karena hewan kelinci ini memang begitu menjadi favorit saya sejak dulu, seperti kebanyakan orang yang menyenangi kelinci karena prilaku kelinci yang lucu, disamping itu usaha ternak kelinci dapat dijadikan andalan hidup kita diwaktu akan datang. Seperti yang kita ketahui, ternak usaha kelinci disamping kita dapat memelihara kelinci pedaging juga, sebagai ternak kelinci hias.
Dengan usaha kelinci ini telah membuat saya sukses secara keuntungan, bukan saya saja yang sukses dalam peternakan, saya rasa sudah banyak juga orang yang sukses dibidang ternak kelinci. Namun banyak juga orang yang masih ragu untuk menggeluti dunia usaha  ternak kelinci. Saran saya segera lah jangan ragu-ragu, yakinlah usaha yang benar-benar kita seriusi pasti akan mengalami kesuksesan. Karena dalam memelihara kelinci sebenarnya tidak terlalu sulit, seperti dibayangkan orang yang belum memulai usaha ternak kelinci. Untuk itu, saran saya pertimbangkanlah untuk  memulai usaha ternak kelinci.

Saksikan video berikut ini tentang tips beternak kelinci!


Usaha Ternak Kelinci Modal Kecil


Sebenarnya dalam bisnis pertenakan kelinci atau budidaya kelinci, ada beberapa faktor yang membuat Anda segera mempertimbangkan memulai usaha dalam pemeliharaan atau perawatan kelinci, hal ini sebagai berikut:

1. Kelinci adalah hewan yang yang tidak terlalu cepat stress dalam perawatannya, jadi akan memudahkan Anda dalam membudidayakan kelinci.

2. Selajutnya dalam segi memberikan makan kelinci tidak terlalu merepotkan bagi Anda, baik dalam mencari bahan makanan, maupun tidak menguras isi dompet Anda. Karena dalam pemberian makan cukup dengan biji-bijian dan sayur hijauan, ditambah makan kosentrat yang dapat Anda beli di toko penjualan pakan ternak.

3. Dalam pemeliharaanan  kelinci tidak menggangu suara-suara gaduh yang ditimbulkan suara hewan, seperti unggas, anjing, babi dan hewan lainnya. Dan aroma bau yang dihasilkan hewan ini pun tidak terlalu mengganggu lingkungan sekitarnya.

4. Daging kelinci memiliki unsur lemak kolestrol yang rendah, membuat daging kelinci menjadi alternatif yang terbaik bagi penyuka daging untuk para konsumen yang memperhatikan kesehatan.

5. Untuk memulai usaha ternak kelinci tidak memerlukan modal yang besar, seperti ternak-ternak yang lainnya. Karena dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil, dengan memulai usaha ternak kelinci dalam jumlah yang kecil dulu.

6. Sedangkan dalam beternak kelinci, dengan modal yang kecil namun perkembangbiakan kelinci cukup pesat. Hal ini ditunjang reproduksi indukan yang cukup tinggi dalam melahirkan anakan kelinci. Sebab satu kali kelahiran indukan kelinci bisa melahirkan anakan sekitar 8 sampai 12 anakan kelinci. Tidak dapat terbayangkan usaha ternak ini dapat berkembang itu baru satu ekor indukan yang kita pelihara.
 7. Daging kelinci juga dapat memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dalam konsumsi daging yang sehat dan kaya akan protein.

8. Kemudian kotoran kelinci ternyata sangat baik untuk pupuk, karena sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tanah. Tentu saja Anda dapat menjualnya dan menghasilkan uang sampingan selain menjual daging kelinci.

9. Kelinci juga mempunyai pertumbuhan yang begitu cepat karena hanya memerlukan waktu empat sampai lima bulan sudah dapat dijual dagingnya, itu merupakan waktu yang relatif pendek dalam usaha ternak. Apalagi masa kehamilan indukan kelinci hanya memerlukan waktu 30 sampai 32 hari saja.

10. Kemudian selain kaya akan protein, daging kelinci juga mempunyai kualitas daging yang baik untuk dikonsumsi, menurut pengalaman para konsumen rasa daging kelinci lebih bergizi dan lezat daripada daging ayam.

11. Selanjutnya, keunggulan daging kelinci dalam proses masak juga sama dengan daging yang lain dapat dimasak dengan cara apa saja dan cepat masak.

12. Keunggulan lainnya dari usaha kelinci selain dagingnya yang dapat dikonsumsi, juga kulit atau bulu kelinci juga dapat Anda manfaatkan untuk dijual, sebagai pendapatan sampingan Anda yang sangat menguntungkan dalam segi ekonomi.

13. Kelinci selain tidak mudah stress juga tidak mudah terserang penyakit, sehingga Anda tidak terlalu repot dalam perawatannya.

Dengan penjelasan di atas, tentang keunggulan ternak kelinci dan sebagai alasan yang kuat untuk Anda memulai usaha ternak kelinci, agar Anda tidak gagal dalam memulai usaha ternak kelinci ini. Memang dalam merawat kelinci tidak begitu ruwet seperti beternak hewan lain, memang ada yang merawat kelinci hanya sebagai peliharaan hewan di rumah saja, ada pula orang beternak kelinci benar-benar untuk bisnis, baik dijual sebagai kelinci pedaging maupun untuk dijual sebagai kelinci hias.

Saat ini memang ada dua tujuan orang beternak kelinci, disatu sisi sebagai hewan peliharaan dan yang kedua sebagai ladang bisnis bagi peternak kelinci, seperti yang saya jelaskan di atas. Memang dalam memulai beternak kelinci, Anda harus mempunyai motif yang memotivasi Anda dalam beternak kelinci. Pada prinsipnya beternak kelinci baik dengan tujuan memelihara saja maupun bisnis pada dasarnya harus memperhatikan berbagai aspek dalam menunjang perkembangan usaha kelinci.
Seperti Anda ketahui pemeliharaan kelinci tidak terlalu sulit, apalagi mereka terlihat lucu dan menggemaskan, membuat Anda memeliharanya dengan kasih sayang dan tidak membosankan, karena prilaku atau tingkah polahnya membuat Anda terhibur. Apalagi dengan usaha ternak kelinci memberikan prospek pendapatan yang tinggi, pada hal memulainya dengan modal kecil saja.


Menurut pengalaman saya dalam beternak kelinci ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam merawat kelinci, terutama ketika anakan kelici mulai berumur satu bulan. Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Kebersihan kandang kelinci mutlak diperhatikan, agar bebas dari air yang menggenang di dalam kandang dan juga membersihkan kandang dari sisa-sisa makanan yang bisa membuat hawa yang tidak enak dilingkungan sekitarnya.

2. Sesering mungkin memeriksa tubuh kelinci, apakah mengalami cidera. Bisa saja kelinci cidera akibat dampak kandang, terutama kandang tersebut dari bahan kawat.

3. Selalu mengontrol tempat minuman dalam persediaan air minum bagi kelinci, juga makanan kelinci baik sayuran hijauan, biji-bijian dan pakan kosentrat.

4. Kemudian dalam pembuatan kandang, tentu saja perlu diperhatikan dalam perlindungan kelinci dari cuaca, baik aman dari air hujan yang masuk ke kandang, maupun sinar matahari yang cukup terkena bagian kandang kelinci. Disamping itu juga keamanan dari pemangsa-pemangsa yang mengincar para kelinci, sehingga kandang kelinci harus kokoh.

5. Karena kelinci dalam kehidupannya selalu berktivitas di malam hari, harus dijaga suhu dingin dan panas dalam kandang kelinci.

6. Kandang harus ada bagian dari bahan kayu, hal ini bermanfaat bagi kelinci untuk mengasah gigi serinya dengan menggerogoti kayu yang ada dikandang.
Sebelum Anda memulai usaha ternak kelinci, alangkah baiknya Anda melakukan studi kelayakan, dari berbagai sumber. Baik literatur buku-buku, peternakan yang berpengalaman atau sumber artikel di online dan sebagainya. Hal ini untuk mengetahui perjalanan bisnis Anda agar tidak rugi dan sebagai antisipasi jika menghadapi masalah-masalah ke depan.

Usaha Ternak Kelinci Potong


Jika berternak kelinci memang ada empat alasan penting sebagai dasar tujuan pembudidayaan kelinci:

1. Untuk menghasilkan daging kelinci yang banyak dan berkualitas

2. Untuk memanfaatkan kulit atau bulu kelinci yang dapat menunjang produksi industri sektor lainya. Tentu saja dapat menjadi ladang sampingan Anda untuk mengeruk keuntungan.

3. Kotoran kelinci dapat dijadikan pupuk bagi para petani, karena mengandung nutrisi yang tinggi bagi tanaman. Dan imbasnya menguntungkan bagi peternak karena pupuk dapat dijual.

4. Nah yang terakhir, dengan beternak kelinci bisa dijadikan riset terutama bagi dunia pendidikan, peternakan kelinci, dunia usaha untuk lebih meningkatkan kualitas produksi daging kelinci dan juga manajemen keuntungan di bidang bisnis usaha ternak kelinci dimasa depan.

Dari 4 penjelasan di atas, dapat diketahui manfaat beternak kelinci secara umum. Dan tentu saja bisa menjadi motivasi bagi orang yang ingin beternak kelinci untuk segera memulai usaha ternak ini. Apalagi dalam perawatan kelinci tidak terlalu rumit, bahkan pendapatan sudah di depan mata.
Seperti dijelaskan di atas, daging kelinci selain lezat dagingnya juga menunjang untuk kesehatan, sebab juga mengandung lemak kolestrol yang amat rendah, itulah sebanya dokter merekomendasikan daging kelinci untuk pasien kanker dan untuk pasien yang mempunyai tekanan darah yang tinggi.
Selain itu, bulu kelinci terkenal sebagai bahan dasar produksi pabrik untuk wool. Karena bulu kelinci terkenal karena keindahannya, sehingga sangat cocok dijadikan bahan dasar dari berbagai industri.
Kulit kelinci dan bulu kelinci juga dapat dijadikan, pembuatan jaket, ikat pinggang, karpet atau permadani dan sebagainya. Termasuk untuk dekorasi dalam rumahtangga, bisa dijadikan hiasan dalam ruangan tamu Anda.

Kemudian juga kotoran kelinci saat ini sudah dijadikan pupuk, karena mengandung nitrogen dan phosfor dalam mendukung kesuburan tanah. Apaplagi jika disketar Anda ada area pertanian, tentu saja Anda dapat menawarkan kotoran kelinci sebagai pupuk bagi tanaman para petani di sekitarnya.
Demikian pula, hewan kelinci saat ini juga sudah menjadi target atau bahan penelitian untuk eksperimen dalam menemukan produk-produk baru dibidang ilmiah dan memverifikasi keabsahan suatu produk.  Seperti produk yang sering dijadikan riset, obat, vaksin, makanan dan masih banyak lagi.

Ini adalah beberapa manfaat yang luar biasa dari peternakan kelinci.

Pakan Kelinci Pedaging


Bisnis peternakan kelinci saat ini mulai dilirik banyak orang, hal ini cukup beralasan karena meningkatnya permintaan pasar untuk memelihara kelinci untuk diternakan dengan modal skala kecil maupun besar.

Seperti kita ketahui dalam pemeliharaan kelinci dapat kita bagi menjadi dua jenis peternakan kelinci. Yaitu kelinci potong atau pedaging atau kelinci hias. Namun diantara keduanya, ternyata kelinci potong lebih mudah budidayanya dibandingkan kelinci hias yang perlu perawatan khusus dan tentu saja menambah modal Anda kedepannya.

Nah, dalam pemeliharaan kedua jenis kelinci ini, tentu saja terletak pada pakan kelinci. Seperti diketahui, makanan kelinci mayoritas daun hijauan, rumput dan biji-bijian. Memang ada makan yang mengandung kosentrat namun Anda harus membelinya.

Untuk mendapat jalan keluarnya soal pakan ternak kelinci, sebaiknya Anda membuat makanan kelinci sendiri, selain praktis juga lebih ekonomis bagi pengeluaran Anda, terutama dalam beternak ini, mengandalkan modal kecil.

Sebenarnya, makanan kelinci terbaik adalah makanan yang langsung dari alami, seperti sayuran, rumput,daunan dan lainnya. Dalam membuat makanan alternatif ini, hanyalah tambahan jika memang sulit mendapatkan makanan kelinci yang dari alam.

Makanan alternatif ini, terdiri dari bahan-bahan yang banyak terdapat di pedesaan: dedak yang halus, bungkil kelapa, bungkil kedelai, tepung mineral.

Setelah bahan sudah terkumpul dan siap diolah, maka saatnya dimulai pembuatannya, pertama untuk 1 kg pakan alternatif diperlukan 500 gr dedak, 200 gr bungkil kelapa, 200 gr bungkil kedelai, 100 gr tepung mineral. Semua bahan dicampur merata dan ditambah air. Maka siaplah untuk diberikan kepada kelinci.
Demikianlah bahasan kita sementara tentang cara memelihara kelinci dan cara membuat pakan ternak sebagai alternatif jika kesulitan mendapat pakan ternak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, dalam memulai usaha ternak kelinci dengan modal kecil.